Wednesday, August 17, 2016

Fanfiction Writting Tips - #1 : Basic Step How To Write Fanfiction

HAHAHAHA. First writting tips I've ever done in my life:v 

Oke, back to topic! 

Kali ini, gue bakal ngasih tau beberapa tips nulis fanfiction. Jujur, gue belum ahli dan belum punya berpuluh-puluh ribu followers di Wattpad. Tapi setidaknya, ada beberapa ilmu yang gue mau bagiin ke kalian tentang cara-cara nulis fanfiction di Wattpad.

Before we going to the tips, kalian harus tau dulu apa itu Fanfiction. Nah, Fanfiction itu adalah cerita yang tokohnya adalah idola kalian. Di cerita ini nanti, kalian bebas membuat alur, penokohan dan apapun itu dengan karakter idola kalian. Contohnya, kalian mau buat fanfiction yang judulnya 'Luke Hemmings Tukang Becak Naik Haji'. Nah di fanfiction itu, kalian bebas membuat karakter Luke Hemmings ini jadi gimana. Apakah dia botak? Atau udah aki-aki? Atau gimana juga terserah kalian. Gue ingetin sekali lagi disini, fanfiction adalah hasil karya imajinasi/fiksi (gak nyata) dari para fan (yang mungkin kurang kerjaan kayak gue ini).

Oke, kita langsung aja ke tips-tips dasar untuk membuat fanfiction by Fiadinda :v

1. Tentukan siapa tokoh utama dan tokoh tritagonisnya. 
Sebelum kalian mulai menulis sebuah cerita, tentuin dulu tokoh utama dan tokoh pembantunya (tritagonis). Menentukan tokoh utama ini penting. Soalnya, kalau kalian gak nentuin tokoh utama dan tokoh pembantu, pembaca akan bingung siapa yang harusnya mereka 'sorot' di dalam cerita kalian.

2. Persiapkan alur cerita matang-matang. 
Ini-penting-banget. Karena, kalau kalian gak siapin alurnya dari jauh-jauh hari, kalian bakal dengan mudahnya merubah-rubah alur cerita ditengah-tengah cerita kalian. Kalau kalian merubahnya supaya nyambung sih ya gapapa. Tapi kalau ternyata malah makin gak nyambung? Yeh, jadi ancur dah cerita lu.

3. 'Dont judge a book from its cover' gak berlaku untuk beberapa orang.
Why? Karena jujur, gue sering nemuin beberapa readers yang malah tertarik sama sebuah fanfiction dari covernya dulu. Gue tanya deh sama kalian, yang kalian liat pertama kali pas muncul sebuah fanfiction apa selain judulnya? Ya covernya! Karena jujur aja, gue juga menilai suatu fanfiction pertama dari judul, kedua covers, ketiga sinopsis dan yang terakhir tokohnya! Jadi kalau bisa, buat cover yang simple tapi dapat menarik hati pembaca ya!

4. Sinopsis yang menarik juga bisa menarik perhatian readers. 
YAP. Selain cover yang menarik, sinopsis yang menarik dan kocak juga dapat menarik hati readers. Apalagi, kadang kan fangirl agak rada ke geser gitu otaknya (iya gue juga gitu kok) dan pastinya suka nge receh di group, nah pastikan kalian juga fangirl yang receh af. Karena menjadi receh itu ada untungnya juga lho:v

5. Pilih sudut pandang yang tepat. 
Kalo kalian pengen sudut pandang si tokoh utama aja, maka kalian gak perlu repot-repot nulis '... POV' di awal chapter. Tapi kalau kalian pengen nulis 2 sudut pandang atau Point Of View di satu chapter, kalian baru boleh pake '... POV'. Tapi gue saranin kalian jangan sering-sering merubah-ubah POV di satu chapter. Karena ntar malah yang baca cerita kalian jadi bingung. Kalau bisa yaa, pake POV maksimal 2 di setiap chapternya.

Yaps, that's just a little bit basics tips yang mungkin aja bisa memudahkan kalian dalam menulis fanfiction. Semoga tips kali ini bermanfaat dan berfaedah buat kalian para new author yaa!

Next post gue mungkin juga bakal bahasin 'Fanfiction Writting Tips' dengan topik yang lain, ehe.









No comments:

Post a Comment