Tuesday, August 23, 2016

Fanfiction Writting Tips #2 : Cover

Di entri/pos sebelumnya, gue udah bilang kalau cover yang menarik menjadi penentu sebagian pembaca supaya tertarik juga dengan cerita yang kalian tulis. Kalau ada yang gak tau gimana buat cover yang menarik, here, let me tell you something to do.

1. Application
Application atau aplikasi adalah penentu utama membuat sebuah cover. Kalian kan gak mungkin nyolong cover orang lain mentang-mentang judulnya sama? Disini, gue bakal kasih tau sama kalian aplikasi apa aja yang biasanya orang pake untuk membuat cover.

a. Covers by Wattpad
Aplikasi ini menurut gue termasuk basic banget. Kalo kalian yang bener-bener baru jadi author di Wattpad, kalian mungkin bisa coba aplikasi ini. Selain penggunaanya mudah, aplikasi ini gratis bagi kalian pemakai iOS ataupun Android.
Rate : 7/10. 

b. Phonto 
App da best ever! Phonto ini aplikasi fav gue banget. Cara pakenya mudah banget dan kalian bisa pakai dan nambahin font sesuka hati kalian. Disana lebih banyak pilihannya dari Covers by Wattpad. Dan, banyak banget author newbie ataupun author expert/advance (au ah nyebutnya apaan), pakai Phonto. Kalian tinggal masukin foto dan *jrengjrenggg* jadilah sebuah cover yang bagus! Ini juga gratis kok di iPhone ataupun Android.
Rate : 9/10 

c. Adobe Photoshop 
Ini aplikasi bener-bener ribet af. Gue udah belajar pakai Adobe Photoshop udah hampir 2 bulan dan belum bisa juga. Udah beberapa kali beli buku tentang app ini tapi emang mungkin dasarnya gue ganiat belajar aja kali ya:v Gue gak terlalu saranin kalian untuk memakai app ini tapi kalau kalian mau coba atau udah bisa ya lebih bagus lagi. Btw, app ini hanya ada di Windows / Mac ya.
Rate : 6/10 

2. Picture 
Picture atau gambar disini juga sangat sangat penting! Karena, gambar juga akan mendeskripsikan bagaimana isi dari fanfiction kalian. Disini, gue bakal kasih tau tempat-tempat yang bagus untuk dapetin foto yang bagus juga!

a. Covers by Wattpad
Lah? Ini aplikasi lagi? Iyap! Di aplikasi ini, kalian bisa nemuin berbagai macam gambar/foto untuk dijadiin covers! Pemakaiannya gampang dan gak ribet buat kalian yang baru makai Wattpad atau emang gak mau ribet😂 Tapi, kekurangannya adalah, kalian bakal nemuin foto yang sama di cover author-autor lain. Dan lumayan terbatas lah foto yang tersedia disana. Dann, sekali lagi aplikasi ini gratis untuk pengguna iPhone / Android👌
Rate: 7/10

b. We Heart It
DIZ IZ MY FAV APP EVERRRR! Di WHI (We Heart It) kalian bisa nemuin berbagai macam foto! Dari foto artis idola kalian, dan macem-macem deh. Selain itu, nge save foto disini gampang banget. Tinggal tap icon di pojok kanan tengah (kalo versi iPhone gini) dan ada pilihan 'save picture' (kalo gak salah) dan udah deh. Tapi, lagi-lagi pasti ada kekurangannya. Di WHI, foto yang kalian save belum tentu HD. Kadang pixelnya pecah. Dan aplikasi ini gratis kok untuk pengguna iPhone / Android!
Rate : 8/10

c. Pinterest
Kalo kalian kepengen cari gambar dengan resolusi yang HD dan pokoknya pixelnya gak pecah-pecah, kalian bisa install Pinterest! Di pinterest kalian bisa nyari gambar apa aja. Sama kayak WHI. Kalian tinggal search keyword dan munculah segudang foto yang ingin kalian pakai. Tapi kekurangannya adalah, kadang ada beberapa foto yang gak bisa sembarangan kalian save. Maksudnya adalah, foto itu ada juga copyright. Dan, gak semua foto bisa kalian save. Ada beberapa foto yang tersedia untuk di save dan adalagi yang enggak. Andd, this app is free for iPhone / Android.
Rate : 8/10

d. Google
Siapa sih yang gak tau sama Google? Kalian mau nyari apa aja pasti ada disitu. Dan nge save nya pun gampang. Tersedia juga gambar HD dan yang enggak. Jadi itu pilihan kalian yaa:)
Rate : 8/10

3. Font
Selain App dan Picture, kalian juga butuh Font untuk memberi judul pada gambar kalian. Kalian bisa install font for free di dafont.com . Disana berbagai macam font tersedia dan pastinyaaaa gratis! Dan dibawah ini gue bakal recomend beberapa font yang cocok buat judul kalian:)

a. DK Lemon Sun
Gue suka banget sama font yang satu ini. Selain tulisannya simple, font ini bisa masuk ke genre manapun. kalau kalian mau nulis fanfiction? Masuk juga. Teenfiction atau Romance? Masuk juga, kok. Jadi, gue saranin kalian untuk download font ini karena ini adalah termasuk dari 'Must Have Font on Phonto'.

b. Luna 
Font ini termasuk dalam category handwritting karena emang font ini mirip tulisan tangan. banyak banget author teenfiction yang pakai font ini. Kalo kalian author fanfiction, kalian boleh juga memakai font ini!

c. Watermelon Script 
Kalo genre fanfiction kalian ada kaya 'gothic' gimanaa gitu, kalian mungkin tertarik pakai script ini. Ini ada di category caligraphy dan kalian boleh coba!

d. Sunrise International 
Font ini banyak banget dipake sama author-author untuk membuat sebuah covers. Ini ada di category handwritting dan must try font banget!

Note: Setelah gue membaca berbagai macam fanfiction, gue sedikit menemukan titik terang dari font. Kalau kalian pengen pakai font yang biasanya para author fanfiction pakai, kalian boleh coba pakai font 'Helvetica'. Nah font ini juga bermacam-macam tipenya. Tapi, banyak author fanfiction yang gak mau ribet nentuin/milih font dan beralih ke font 'Helvetica'. Font ini udah tersedia di Phonto jadi kalian gak perlu ribet download lagi di dafont.com !

Oke, mungkin cukup sekian aja untuk pembahasan kali ini! Semoga bermanfaat dan berfaedah buat kalian wkwk :p




























No comments:

Post a Comment